Kedahsyatan Surah Al-Mulk


Surah Al-Mulk diturunkan di Mekkah, sehingga disebut dengan surah makkiyah terdiri dari 30 ayat. Diantara tema penting yang terdapat dalam ayat-ayatnya Allah adalah pemilik kerajaan langit dan bumi; kehidupan dan kematian diciptakan sebagai ujian bagi manusia; kisah penolakan orang-orang kafir terhadap ajakan para nabi dan rasul Allah, dan bagaimana keadaan mereka ketika benar-benar melihat siksa neraka; kemudahan dan karunia kehidupan yang Allah anugerahkan bagi manusia di bumi, serta beberapa tema lainya


Surah ini memiliki beberapa keutamaan, sebagai yang termuat dalam beberapa riwayat berikut:
Abu hurairah meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda, “Didalam Al-Qur’an itu terdapat satu surah yang terdiri dari tiga puluh ayat. Surah itu dapat memberi syafaat kepada pembacanya sampai dia diampuni. Surah itu adalah Al-Mulk,” (HR.Abu Dawud)

 Abdullah bin Mas’ud berkata,”Orang yang membaca surah Al-Mulk setiap malam, Allah pasti akan menyelamatkan dari siska kubur. Pada masa Rasullah SAW kami menyebutnya dengan istilah surah Benteng. Surah itu terdapat dalam Al-Qur’an. Orang yang membacanya pada malam hari, dia telah banyak mendapat keuntungan,” (HR. Nasa’i)

Dalam kitab Kanzul ‘Ummal, disebutkan sebuah hadist yang diriwayatkan dari abu Ayub, bahwa nabi SAW membaca Tabarakallazi biyadihil mulku (surah al-Mulk) saat mengimami shalat subuh.

Semoga Allah SWT senantiasa menaungi kita semua dengan rahmat dan kasih saying-Nya, serta melindungi kita semua dengan surah al-Mulk. Amin.

Sumber : Buku Kerajaan Al-Qur'an
Pengarang : Hudzaifah Ismail

1 komentar:

Komentar anda akan dihapus jika :
1. SPAM atau meninggalkan komentar mengandung unsur SARA
2. Berkata kasar atau kata-kata negatif lainnya
3. Meninggalkan komentar dengan link hidup
4. Komentar tidak berhubungan dengan tema
5. Jika anda ingin berlangganan "komentar" dari artikel ini, pilih link "Subscribe by email" pada bagian bawah form komentar